Cara Scan Virus Komputer Yang Efektif Dan Efisien

Penggunaan antivirus yang efektif dan efisien khususnya dikala scanning disk mutlak dibutuhkan semoga komputer bebas virus dan waktu tidak terbuang percuma. Scanning jadwal dan folder mutlak dibutuhkan untuk memastikan bahwa setiap file dan sistem yang akan diakses terbebas dari virus dan untuk itu anda sebaiknya menggunakan antivirus semoga efektif dan efisien. Meskipun demikian, proses scanning virus memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh alasannya ialah itu berikut ini beberapa tips scan virus di komputer/laptop sanggup berjalan dengan cepat dan efisien dengan hasil yang efektif dan optimal.

1. Pastikan antivirus selalu Up to date

Pastikan jadwal antivirus yang anda pakai selalu di update alias up to date. Beberapa antivirus populer biasanya meminta anda memperbaharui database / virus pattern, atau bahkan meminta anda meng update jadwal antivirus nya juga. Makara dikala melaksanakan scanning anda memakai data virus terbaru. Jika tidak, sanggup jadi virus gres yang ada tidak terdeteksi sehingga anda harus melaksanakan scanning ulang. Jika demikian maka ktia akan rugi waktu.

2. Lakukan Scan Awal menyeluruh

Saat antivirus gres final diinstall lakukan scan semua jadwal dan folder yang ada di harddisk dan termasuk di flashdisk. Hal ini untuk memastikan bahwa semua file, program, folder dan sistem yang anda gunakan bebas dari virus, baik jenis virus usang maupun virus gres .

3. Scan Secara Spesifik

Setelah melaksanakan scan antivirus secara menyeluruh, tahap berikutnya ialah melaksanakan scan pada file atau folder tertentu saja secara spesifik. Bila hanya punya waktu sedikit, scan saja pada area system dan folder sistem. Atau, anda sanggup scan pada folder atau file tertentu terutama dikala anda hendak memakai datapada flashdisk atau pun sesudah download file. Hal ini akan menghemat waktu dibandingkan jikalau harus menscan keseluruhan komputer. Lagipula kita telah pernah melaksanakan scan menyeluruh sebelumnya, jadi investigasi hanya khusus pada file/folder yang gres dan belum pernah di scan.

4. Scan Saat Komputer sedang tidak digunakan (idle)

Pastikan secara reguler atau teratur bahwa semua file dan sistem higienis dari virus tanpa harus mengganggu waktu anda bekerja atau menggunakankomputer. Caranya ialah scanning dikala komputer sedang tidak digunakan ataupun tidak digunakan untuk bekerja. Mungkin dikala makan siang, atau dikala malam hendak tidur. Anda sanggup mengkombinasikan juga dengan waktu untuk mematikan komputer. Bila anda memakai avira maka atur jadwal scan melalui Administration --> Scheduler.

5. Atur tipe file yang di scan

Untuk mempercepat proses scanning anda sanggup mengatur jenis file yang akan di cek. Pada beberapa antivirus kemudahan pengaturan setting ini disediakan. Pilihlah jenis file yang berdasarkan anda sering dicurigai mengandung virus menyerupai file dengan ekstensi .EXE, LNK, COM, .doc dan lain sebagainya. Pada Avira, atur konfigurasi tersebut di Extras --> Configuration
 

Tips Scan Antivirus dengan Efektif Dan Efisien

  • Bila anda ingin proses scanning sedikit lebih cepat sanggup anda lakukan pada windows dengan kondisi Safe Mode. Pada safe mode hanya file system utama saja yang aktif sehingga file yang diperiksa pun sanggup menjadi lebih sedikit. Tetapi resiko file sistem pendukung yang terkena virus justru jadi ancaman. Oleh alasannya ialah itu, syarat untuk menjalankan scanning pada safe mode ialah minimal harus sudah pernah melaksanakan scanning secara menyeluruh sebelumnya (poin 2). Hal ini untuk memastikan bahwa sistem pada komputer telah berjalan dengan baik dan higienis dari virus.
  • Bila komputer anda gres di install alasannya ialah terjangkit virus, maka jadwal aplikasi yang harus di install pertama kali ialah antivirus dan update data antivirus tsb. Setelah itu jalankan scan pada seluruh hard disk komputer / laptop (menyeluruh) semoga semua virus sanggup dibersihkan dari komputer. semoga diperhatikan bahwa jadwal antivirus harus dijalankan terlebih dahulu sebelum anda mulai memakai komputer meskipun itu cuma untuk mencari file melalui kemudahan pencarian yang disediakan oleh windows

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video Facebook

Cara Seleksi File Dengan Checkbox Di Windows Explorer

Nlg Gt3, Hp Murah Dibawah 500 Ribuan, Spesifikasi 3G Ram 1Gb